oleh

Mengamankan dari Corona

-KHAZANAH-8 views

Oleh: Nasrulloh Baksolahar

Di Shalat Center Bandung, saat bertafakur alam, seorang ustadz mengkisahkan berbagai ujian yang menimpa para Nabi dan Rasul. Bagaimana jalan keluarnya? Allah memberikan ilmu kepada Nabi dan Rasul. Berupa apa? Ucapkan Bismillah. Ilmu ini diajarkan, namun tidak diturunkan. Ilmu ini diajarkan sekaligus diturunkan hanya untuk Rasulullah saw dan umatnya.

Setiap malam kamis ada Halaqah Tasawuf dari Thariqah Qadariyah Naqsabandiyah (TQN). Sang ustadz membahas makna Bismillah. Ada dua maknanya, memohon pertolongan dan petunjuk-Nya agar terhindar dari keburukan, mendapatkan kebaikan juga jalan keluar. Sungguh sempurna ilmu ini.

Setiap memulai aktivitas harian, disunahkan membaca Bismillah. Artinya, dalam setiap aktifitas yang kecil dan besar. Yang mudah dan rumit. Muslimin selalu tersambung dengan Allah agar ditolong dan diberikan petunjuk-Nya. Maka akan tuntas dan sempurna semua aktivitasnya.

Bagaimana agar seluruh yang ada di bumi tidak membahayakan? Rasulullah saw mengajarkan sebuah doa yang dimulai dengan Bismillah. Saat Rasulullah saw sakit, beliau menempelkan tangan di bagian yang sakit lalu membaca Bismillah beberapa kali.

Imam Syafii dalam kitab Amalul Kubra mengisahkan berbagai peristiwa saat Bismillah diturunkan. Rasulullah saw bersabda, “Ketika kalimat Bismillah diturunkan, awan lari dari timur ke barat, angin berhenti bertiup, bintang-bintang mendengarkan, setan dirajam dengan awan kelabu, dan Allah swt bersumpah dengan kemuliaan-nya bahwa jika nama-Nya disebutkan pada orang yang sedang sakit, maka Dia akan menyembuhkannya.”

Ketika Bismillah turun ke nabi Adam beliau berkata, “Sekarang aku telah mengamankan keturunanku dari siksa.” Ketika Adam wafat, ilmu itu diangkat, lalu diturunkan ke nabi Nuh. Dengan kalimat ini Nuh selamat dari banjir. Saat Nuh wafat, ilmu ini diangkat lalu diturunkan ke nabi Ibrahim. Dengan kalimat ini Ibrahim selamat dari Api. Lalu diturunkan ke nabi Musa, sehingga selamat dari lautan. Lalu diturunkan ke Sulaiman, sehingga dapat mendirikan kerajaan. Lalu diturunkan kepada nabi Isa, Allah berfirman, “Aku telah menurunkan ayat keamanan kepadamu.”

Kalimat ini diturunkan ke Rasulullah saw hingga hari kiamat. Umat Rasulullah saw berhak atas kalimat yang luar biasa ini. Kalimat yang diturunkan Allah kepada Nabi dan Rasul-Nya. Imam Syafii berkata, “Bacalah Bismillah dalam mengawali setiap perbuatanmu agar engkau menyingkap keagungan Ilahi. Lanjutkan dengan lafal Ar-Rahman Ar-Rahim agar dapat meraih kelembutan-Nya yang paling agung.

Bagaimana mengamankan diri dari penyebaran virus Corona yang sulit terdeteksi dan masif tak terkira? Ucapkan Bismillah saja! Karena inilah yang telah melindungi dan mengamankan para Nabi dan Rasul serta umatnya dari berbagai ujian.

Komentar

News Feed