oleh

Hukum Alam dan Kehidupan

-KHAZANAH-3 views

Oleh: Nasrulloh Baksolahar

Bongkarlah hukum semesta dengan bertafakur. Lalu manfaatkan bagi kehidupan agar lebih mudah, sederhana, praktis dan cepat. Gunakan hukum semesta untuk membangun kekuatan Amar Maruf dan Nahi Munkar. Gunakan hukum semesta untuk membagun harga diri kebenaran dan keadilan.

Bertafakur tidak akan pernah selesai, tidak pernah tuntas, tidak akan pernah berakhir, karena akal manusia yang menggali, yang mempelajari dan memahami. Ilmu dan pemahaman manusia sangat terbatas ditengah kesempurnaan makhluk semesta. Teknologi manusia terbatas di tengah kesempurnaan langit dan bumi. Alam semesta tidak akan pernah habis untuk digali. Manusia bodoh dihadapan makhluk semesta.

Allah membongkar ilmu dan pemahaman semesta secara bertahap, sesuai kebutuhan dan zamannya. Allah membongkar ilmu dan teknologi yang ada di semesta sesuai kebutuhan manusia dalam menghadapi tantangan zaman. Allah berikan kepada yang mau bertafakur, tak peduli mukmin, kafir, musyrik dan munafik. Semua diberikan kepada yang mau memperhatikan dan memahami semesta.

Memahami hukum kehidupan, berdzikirlah. Hukum kehidupan sudah tuntas diungkapkan Allah. Solusi kehidupan sudah final. Hanya tinggal membacanya. Hanya tinggal mengingatnya. Hanya tinggal mengikutinya saja. Mendapatkan solusi kehidupan hanya bermodal keyakinan dan mentaati saja.

Sarana-Sarana mendapatkan solusi dan menjalani kehidupan sudah dijelaskan tuntas dalam Al-Qur’an dan Hadist. Bagaimana adab, prilaku dan mindsetnya sudah tuntas. Bagaimana kesehariannya sudah tuntas. Tugas kita, jalani dan taati. Karena semuanya sudah dijelaskan dan didokumentasikan dengan baik dalam Al-Qur’an, Hadist dan fatwa Sahabat, Tabiin dan ulama hingga akhir zaman. Bila belum ada, maka pintu ijtihad dibuka luas.

Manusia tidak akan pernah tersesat, karena Ilmu, hukum dan solusinya dari Allah dan Rasulullah saw. Semuanya sudah tuntas secara prinsip dan logika berfikirnya. Manusia tidak akan pernah sulit menghadapi hidup karena dianugerahi tafakur untuk memanfaatkan hukum semesta bagi kemudahan hidup.

Komentar

News Feed