oleh

Isyarat Kemenangan

-KHAZANAH-7 views

Oleh: Nasrulloh Baksolahar

Suasana pra kemenangan itu bisa dirasakan. Mari kita melihat fakta sejarah yang begitu nyata. Mari menyibak kemenangan yang akan diraih. Isyarat kemenangan selalu ada sebelum menjadi nyata.

Kemenangan Badar tidak terduga. Tapi isyaratnya sudah terasa sebelum pertempuran. Diserbu dengan 3 kekuatan lebih besar, plus peralatan tercanggih dari Syam. Apa yang dirasakan mukminin? Ketentraman yang luar biasa. Tak ada takut. Tak ada gentar. Justru rindu kesyahidan. Itulah isyarat kemenangan.

Ketentraman dan ketenangan di tengah serbuan musuh dan tantangan itulah isyarat kemenangan. Dalam buku berfikir besar dan berjiwa besar, ketenangan adalah kunci lahirnya ide cemerlang, inovasi dan kreativitas.

Sebelum bertempur, ada Sahabat yang menyerahkan seluruh hartanya, setengah, sepertiga, bahkan apa saja yang dimiliki. Bila pengorbanan tumbuh merata. Bila bahu membahu tak kenal lelah tumbuh kuat, itulah isyarat kemenangan. Bila harta terasa murah dan tak berharga lagi untuk perjuangan, itulah tanda awal kemenangan.

Para Sahabat yang kecil dan tua renta berdatangan menghadap Rasulullah saw untuk ikut berjuang. Yang sakit, yang miskin, yang kaya dan muda berbondong-bondong ingin berjuang, hingga Rasulullah saw memberikan syarat-syarat bagi mereka yang mau ikut karena membludaknya yang mendaftar. Hingga Allah membuat ketentuan untuk menyeleksi mereka. Bila jiwa terasa murah tak berarti lagi, itulah isyarat awal kemenangan.

Berjuang hanya berbekal satu biji kurma saja. Satu unta bergantian untuk beberapa orang. Satu tempat minum, untuk puluhan orang. Namun tak ada keluhan karena keterbatasan. Tak ada tuntutan karena keterbatasan fasilitas. Namun semangatnya mereka tetap tinggi tak tergoyahkan. Bila menemukan suasana ini, itulah isyarat awal kemenangan.

Kemah mereka diisi dengan ibadah, tilawah Al-Qur’an. Mereka saling mengingatkan agar tidak bermaksiat dan menjaga kebersihan hati. Malamnya diisi dengan senandung doa dan Qiyamulail. Bila itu tumbuh merata, itulah isyarat kemenangan.

Bila semua pantang lari dari perjuangan. Bila semua tetap tegar dan sabar apapun kondisi perjuangan. Itulah isyarat awal perjuangan. Kemenangan itu sudah terasa walau belum nyata.

Komentar

News Feed