oleh

Berkah Timbangan Kematian

-KHAZANAH-6 views

Oleh: Nasrulloh Baksolahar

Timbanglah dengan kematian. Timbang Ide dan obsesi denga kematian. Timbang kiprah bisnis dan kekuasaan dengan kematian. Timbang keinginan dan khayalan dengan kematian. Kematian akan meluruskan yang bengkok. Kematian akan menyisihkan kebatilan. Kematian akan menjernihkan yang samar.

Kematian itu haq atau kebenaran. Bila yang benar dihadirkan maka kebatilan lenyap dengan sendiri. Jiwa manusia penuh kebatilan. Kebatilan kerancuan berfikir. Dorongan syahwat dan syetan. Orientasi yang menyimpang. Maka lenyapkan semuanya dengan timbangan kematian.

Banyak yang silang pendapat tentang seseorang. Ahli sesat, bidah atau sunah? Ahli dunia atau akhirat? Tak usah dipusingkan, lihatlah kematiannya. Husnul Khatimah atau Suul Khatimah? Begitulah ulama menyederhanakan persoalan.

Khalifatur Rasyidin dan para pemimpin yang adil, menimbang kebijakan dan keputusan dengan timbangan kematian. Hasilnya, tak ada yang dizalimi walau binatang dan tumbuhan. Milyader seperti Abdurahman bin Auf, Utsman bin Affan dan Sahabat lainnya, menimbang terobosan dan keputusan bisnisnya dengan timbangan kematian.

Timbang kematian membuat kemitraan bisnis tak ribet, cepat dan menguntungkan. Timbangan kematian memunculkan kepercayaan. Kepercayaan membuat bisnis lincah bergerak, tak pusing dengan SOP dan sistem. Semua hidup menjadi sangat mudah bila seluruhnya menimbang hidup dengan kematian.

Mengapa negri yang kaya justru miskin. Mental rakus dan korupsi. Mental birokrasi yang rumit untuk jatah pribadi. Andai semua yang terlibat dalam kekuasaan menimbang hidupnya dengan kematian. Negeri ini akan cepat makmur hanya dalam 2 tahun saja. Seperti yang telah dilakukan oleh Umar Bin Abdul Aziz.

Semua keruwetan pribadi, rumah tangga, bisnis, kekuasaan dan sosial karena manusia meninggalkan timbangan kematian dalam proses berfikir dan pengambilan keputusan. Seorang ulama mengatakan dengan timbangan kematian, seluruh persolan hidup menjadi mudah dan sangat sederhana.

Komentar

News Feed