oleh

Manusia Makhluk Spesial

Hampir setiap orang dewasa di Indonesia memiliki smartphone. Bahkan ada seseorang yang memiliki lebih dari satu smarphone di sakunya. Setiap smartphone yang dibeli tentu saja dilengkapi dengan guide book agar si pengguna dapat menggunakan benda elektronik tersebut dengan baik dan dapat merasakan manfaatnya secara optimal. Penggunaan smartphone yang sesuai dengan buku petunjuk akan menjaga barang tersebut lebih tahan lama dan tidak mengalami kerusakan yang disebabkan oleh faktor misuse. Sebaliknya penggunaan yang tidak sesuai dengan pedoman akan menyulitkan si pengguna dan dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal.


Manusia dalam menjalani hidupnya ibarat smartphone. Ada Allah yang Maha Pencipta yang lebih tahu bagaimana sebenarnya manusia. Allah yang Maha Mengetahui apa kelebihan dan kekurangan manusia. Oleh karena itu Allah menciptakaan manusia dengan kelengkapan buku panduan hidup agar manusia dapat tetap survive jiwa dan hatinya menjalani kehidupan dengan segala suka dan dukanya. Terlebih, ibarat smartphone, manusia adalah smartphone yang harganya paling mahal. Sebagaimana termaktub dalam al-Qur’an:
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ
“Sungguh Kami telah ciptakan manusia dalam bentuk yang paling sempurna”(al-Tin: 4)


Di samping bentuk yang paling sempurna, Allah juga menyampaikan kepada manusia bahwa makhluk-makhluk lain yang ada di muka bumi sesungguhnya diciptakan untuk kemaslahatan manusia. Tumbuhan tidak diciptakan untuk tumbuhan. Hewan juga diciptakan bukan untuk kemaslahatan hewan itu sendiri. Semua tumbuhan dan hewan diciptakan oleh Allah semata-mata untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. All other creatures are created on behalf of human. Hal tersebut Allah sampaikan dalam ayat al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 29 yang berbunyi:
هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا
“Dia Allah yang menciptakan untuk kalian (manusia) segala yang ada di bumi.”


Tidakkah kita berpikir betapa istimewanya kita, manusia? Bukankah begitu luarbiasanya makhluk Allah yang bernama manusia! Bukankah begitu spesialnya kita sebagai ciptaan Allah, sehingga adanya yang lain demi adanya kita! Namun demikian, satu hal yang juga dimaklumi bahwa harga sebuah smartphone berbanding lurus dengan fitur yang dimiliki. Semakin mahal harganya, maka semakin banyak manfaat yang ditawarkan oleh smartphone tersebut. Namun seiring dengan kelebihan itu, biasanya smartphone yang paling mahal biasanya juga paling rentan dan lebih mudah rusak.

Bersambung….

Komentar

News Feed