oleh

Sujud Syukurnya Rasulullah SAW

-KHAZANAH-27 views

Oleh: Nasrulloh Baksolahar

Dalam perjalanan dari Mekah ke Madinah, Rasulullah saw berhenti. Lalu berdoa dan bersujud 3 kali. Itulah sujud syukur. Ada aturan dalam sujud syukur, ada yang bertakbir, sujud, salam, lalu berdoa. Beberapa ulama berbeda pendapat. Namun apa yang membuat Rasulullah saw sujud syukur?

Rasulullah saw berdoa kepada Allah, agar sepertiga umatnya mendapatkan syafaatnya lalu dimasukkan ke surga. Allah mengabulkannya. Lalu Rasulullah saw sujud syukur. Lalu berdoa kembali agar sepertiga umatnya mendapatkan syafaatnya. Allah mengabulkannya. Rasulullah saw sujud syukur kembali. Lalu berdoa yang sama. Allah pun mengabulkannya kembali. Lalu Rasulullah saw sujud kembali. Dalam setiap momentum, Rasulullah saw selalu memikirkan umatnya.

Di akhirat kelak, Rasulullah saw menghadap Allah. Memohon agar seluruh umatnya diangkat dari neraka ke Surga beberapa kali, walaupun di dunia hanya sekali mengucapkan kalimat tauhid. Rasulullah saw terus berjuang dan berdoa agar seluruh umatnya bisa meraih surga.

Ada banyak kisah di kitab-kitab klasik. Malaikat penjaga neraka dan neraka itu sendiri merasa tidak nyaman bila menyiksa umat Rasulullah saw. Bahkan mereka melaporkan ke Rasulullah saw bahwa masih ada umatnya yang di neraka. Lalu Rasulullah saw memohon kepada Allah agar umatnya dibebaskan dari api neraka.

Banyak hadist shahih yang menceritakan tentang seseorang yang terakhir keluar dari neraka. Penghuni terakhir neraka melihat surga sudah penuh. Saat penghuni terakhir ini di masukkan ke surga, dia mendapat tempat yang luasnya beberapa kali dari luas dunia. Begitulah cara Rasulullah saw menyelamatkan umatnya.

Banyak para ulama dan wali-wali Allah yang bermimpi bertemu Rasulullah saw. Rasulullah saw mengabarkan sesuatu. Rasulullah saw mengajarkan sesuatu. Rasulullah saw mendidik sesuatu. Walaupun Rasulullah saw telah tiada, namun Rasulullah saw tetap hadir. Banyak peristiwa besar, yang didahului dengan pertemuan bersama Rasulullah saw melalui mimpi. Termasuk bendera merah putih Indonesia.

Bersyukurlah menjadi bagian dan dilahirkan sebagai umat Rasulullah saw. Bersyukurlah menjadi bagian dan dilahirkan di era carut marutnya akhir zaman. Bersyukurlah lahir di zaman yang sudah jauh dari era kehidupan Rasulullah saw dan para Sahabatnya. Ini peluang untuk membuktikan cinta kepada Rasulullah saw. Tak bertemu namun merasakan kehadirannya, kedekatannya dan kasih sayangnya. Inilah energi cinta yang sesungguhnya.

Komentar

News Feed