oleh

Batas Atas-Bawah Beribadah

-KHAZANAH-20 views

Oleh: Nasrulloh Baksolahar

Seorang Sahabat saw baru saja menikah. Beberapa malam sudah dilewati, namun wajah istrinya sangat tidak ceria. Ada apa? Bukankah pengantin baru penuh keceriaan dan canda? Rasulullah saw bertanya pada istri sahabatnya. Sang istri menjawab bahwa sang suami merupakan laki-laki yang sholeh dan banyak beribadah. Namun mengapa terlihat tak bahagia?

Salman Al Farisi mendatangi rumah sahabatnya Abu Dzar Al Ghifari. Namun Salman melihat sesuatu yang aneh dari wajah istri sahabatnya. Wajahnya tak terlalu bahagia. Salman Al Farisi pun menginap beberapa malam. Dari situlah Salman mengetahui ketidak bahagia wajah istri Abu Dzar Al Ghifari. Dua wanita istri Sahabat Rasulullah saw yang mulia, mengapa terlihat tidak bahagia di tengah suami yang bertakwa?

Rasulullah saw mendengarkan ketidakbahagiaan istri sahabatnya. Ternyata sejak menikah hingga sekarang mereka belum pernah tidur bersama. Sang suami di siang dan malam sibuk beribadah dan berkarya. Tak ada waktu bersama yang lainnya. Rasulullah saw memanggil sahabatnya. Apa yang dilakukan Sahabatnya seharian?

Sang Sahabat khatam Al-Qur’an setiap malam. Jarang tidur karena shalat sunah. Siang hari selalu berpuasa, maka Rasulullah saw menasihatinya. Khatam Al-Qur’an paling cepat sebulan sekali. Bangun di sepertiga malam. Maksimal puasa Daud. Mereka yang terlalu ketat akan hancur. Yang terlalu bebas akan hancur pula.

Berbeda dengan Salman Al Farisi. Salman tidak akan makan sebelum Abu Dzar makan. Akhirnya Abu Dzar membatalkan puasanya. Tidak mau tidur, sebelum Abu Dzar tidur. Bila Abu Dzar bangun, maka diperintahkan untuk tidur kembali. Setelah sepertiga malam, barulah mereka bangun bersama. Semua perlakuan Salman diadukan ke Rasulullah saw. Ternyata Rasulullah saw membenarkan sikap Salman.

Beribadah dan berkarya ada batas maksimal yang tidak boleh dilampaui agar terbentuk kekuatan maksimum. Bila melebihi akan melelahkan dan menyusahkan akhirnya kebosanan dan kejenuhan. Bila lemah, hawa nafsu dan bisikan syetan akan merusak dan melalaikannya. Perlu paham batas atas dan batas bawah itulah yang menyelamatkan.

Komentar

News Feed